Uncategorized

10 Fakta Gila Tentang Frida Kahlo

Frida Kahlo dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu seniman potret diri paling revolusioner. Dia memiliki kehidupan yang sulit tetapi menghasilkan beberapa lukisan terbaik yang pernah dibuat oleh seorang pelukis Amerika Latin. Dia tetap menjadi ikon feminis untuk cara dia menjalani hidupnya. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang pelukis hebat Meksiko ini.

1. DIA INGIN KELAHIRANNYA BERTEPATAN DENGAN AWAL REVOLUSI MEKSIKO

Frida Kahlo lahir pada 6 Juli 1907 di Coyoacan, Mexico City . Revolusi Meksiko dimulai tiga tahun setelah kelahirannya. Frida kemudian memberikan tanggal lahirnya sebagai 7 Juli 1910 sehingga hidupnya akan bertepatan dengan kelahiran Meksiko modern.

2. DIA MEMENANGKAN TANTANGAN TEQUILA DENGAN PRIA YANG KUAT

Pada usia enam tahun, Frida mengidap polio karena kaki kanannya menjadi lebih tipis dari kiri. Dia menyembunyikan ini sepanjang hidupnya dengan mengenakan rok panjang berwarna-warni. Sejak muda Frida menantang status quo. Selain bermain olahraga seperti tinju, ia bergabung dengan geng dan jatuh cinta dengan pemimpinnya. Belakangan, dia dikenal pesta sampai larut malam dan bahkan memenangkan tantangan tequila dengan banyak pria.

3. DIA MENJADI PELUKIS SETELAH KECELAKAAN FATAL

Pada 17 September 1925, Frida dan temannya Alex mengendarai bus ketika menabrak mobil troli jalanan. Karena cedera serius yang dideritanya dalam kecelakaan itu, Frida harus menjalani 35 operasi dalam hidupnya , menanggung dengan kambuh rasa sakit yang ekstrem dan tidak dapat memiliki anak. Selama periode tiga bulan setelah kecelakaan di mana dia tidak dapat bergerak, Frida membuat beberapa lukisan, sebagian besar potret diri yang dia buat menggunakan cermin di tempat tidurnya. Ini menyebabkan Frida meninggalkan karirnya di bidang kedokteran dan menjadi seorang seniman.

4. DIA DIKENAL SEBAGAI MASTER POTRET DIRI

Dalam karirnya, Frida Kahlo menciptakan 143 lukisan yang 55 di antaranya potret diri . Kahlo berkata, “Saya melukis diri saya sendiri karena saya sering sendirian dan karena saya subjek yang paling saya kenal.” Potret dirinya sering kali mencakup interpretasi luka fisik dan psikologis . Potret diri Frida Kahlo dianggap salah satu yang terbaik yang pernah dibuat. Potret dirinya yang paling terkenal mungkin adalah ‘Potret Diri dengan Kalung Duri dan Burung Kolibri’.

5. FRIDA MENIKAH DENGAN PELUKIS TERKENAL DIEGO RIVERA

Kahlo mengagumi karya pelukis terkenal Meksiko, Diego Rivera . Dia pertama kali mendekatinya pada tahun 1927. Rivera terkesan dengan karyanya dan mendorongnya yang berkontribusi dalam Frida menjadi seorang seniman. Segera hubungan mereka menjadi akrab dan mereka menikah pada 21 Agustus 1929 ketika dia berusia 42 dan dia berusia 22 tahun. Itu adalah pernikahan ketiga Rivera. Orang sering menyebut pasangan itu sebagai “The Elephant and the Dove” karena perbedaan ukuran mereka.

6. FRIDA KAHLO ADALAH SEORANG BISEKSUAL

Pernikahan Kahlo dengan Rivera penuh gejolak karena keduanya memiliki banyak urusan. Frida berselingkuh dengan pria dan wanita. Rivera bahkan berselingkuh dengan adik perempuan Kahlo, Cristina, yang membuat marah Kahlo. Mereka bercerai pada 1939 tetapi menikah lagi setahun kemudian. Meskipun pernikahan kedua mereka sama bermasalahnya dengan yang pertama, Kahlo tetap menikah dengan Rivera sampai kematiannya.

7. DIA BERSELINGKUH DENGAN PENDIRI TENTARA MERAH

Pendiri Tentara Merah, revolusioner Rusia yang terkenal Leon Trotsky datang ke Meksiko untuk menerima suaka politik dari Uni Soviet. Dia pertama kali tinggal dengan Rivera dan kemudian berselingkuh dengan Kahlo. Kahlo menciptakan sebuah lukisan berjudul ‘Potret Diri Didedikasikan untuk Leon Trotsky’ untuk memperingati perselingkuhannya yang singkat.

8. DIA MENJADI TERKENAL BEBERAPA DEKADE SETELAH KEMATIANNYA

Kahlo meninggal 20 hari setelah ulang tahunnya yang ke-47 pada 26 Juli 1954 . Beberapa hari sebelum kematiannya, ia menulis dalam buku hariannya: “Saya harap jalan keluarnya menyenangkan – dan saya harap tidak pernah kembali – Frida”. Kahlo cukup sukses selama masa hidupnya dan hanya beberapa tahun setelah kematiannya pekerjaannya menjadi terkenal secara luas. Selama hidupnya dia terutama dikenal di Meksiko sebagai istri Rivera, sekarang dia populer di seluruh dunia dan Rivera dikenal sebagai suaminya.

9. KARYANYA ‘ROOTS’ MENCETAK REKOR UNTUK KARYA SENI AMERIKA LATIN

Frida Kahlo adalah tokoh sentral dalam Gerakan Seni Neomexicanismo di Meksiko yang muncul pada 1970-an. Seninya telah disebut seni rakyat karena unsur-unsur tradisional dan beberapa menyebutnya surealis meskipun Kahlo sendiri berkata, “Mereka mengira saya seorang surealis, tetapi saya tidak. Saya tidak pernah melukis mimpi. Saya melukis realitas saya sendiri. ”Pada Mei 2006, potret diri ” Roots ” -nya terjual US $ 5,6 juta dan mencetak rekor lelang untuk karya seni Amerika Latin.

10. DUA FILM TERKENAL TELAH DIBUAT TENTANG HIDUPNYA

Banyak artikel, buku, dan dokumenter tentang kehidupan dan seni Kahlo, termasuk buku terlaris Frida: The Biography of Frida Kahlo (1983) oleh Hayden Herrera. Film ‘Frida, naturaleza viva’ dirilis pada 1983 dan sukses besar. Pada tahun 2002 film biografi lain ‘Frida’ , di mana Salma Hayek memainkan perannya, meraup lebih dari US $ 50 juta dan memenangkan dua Academy Awards.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*